KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan taufik nya, dan tidak lupa juga dengan penyusunan buku ini sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan buku ini dengan judul Visualisasi Diagram Pewarnaan. Harapan kami semoga buku ini dapat membantu dan memberi wawasan yang lebih luas tentang Visualisasi Diagram Pewarnaan dan pewarnaan mengenai Cubehelix dengan menggunakan software yang akan dibahas. Buku ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan buku ini. Terima kasih kepada rekan rekan kelompok dalam pengerjaan penulisan ini, berkat bantuannya dan semangat dalam penulisan ini, buku ini telah selesai dengan baik, dan terima kasih untuk Dr. rer. Nat. I Made Wiryana, Skom, SSI, MAppScc telah memberikan kesempatan dalam menyelesaikan penulisan dengan konsep yang di berikan, semoga menjadi bermanfaat.
Depok, 10 Januari 2017
Penyusun
Bab 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Warna merupakan karunia Tuhan yang diciptakan sebagai salah satu bentuk keindahan dunia, warna tercipta dari berbagai campuran yang ada di alam. Setiap hari kita selalu melihat warna dan tanpa di sadari mata kita sudah terbiasa akan pemandangan yang berwarna dari lingkungan. Semua yang kita lihat adalah kombinasi warna dan komposisi antara warna primer atau sekunder dan warna lainnya.
Warna adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Warna yang kita lihat sebenarnya adalah spektrum cahaya yang dipantulkan oleh benda yang kemudian ditangkap oleh indera penglihatan kita (mata) lalu diterjemahkan oleh otak sebagai sebuah warna tertentu. Skema warna akan berperan dalam menhubungkan antara warna dengan pengolahan citra.
Abad ini adalah abad dimana teknologi berkembang pesat, semua bidang yang ada di dunia ini sudah berlomba-lomba menciptakan teknologi yang paling baru dan belum pernah diciptakan sebelumnya. Dalam pewarnaan ada istilah Cubehelix yang sering digunakan untuk menentukan skema warna yang dapat digunakan dalam berbagai bidang dengan menggunakan degradasi warna yang ada di dalamnya.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis memberikan perumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud warna?
2. Apa yang dimaksud cubehelix?
3. Apa perangkat lunak yang digunakan untuk cubehelix?
4. Bagaimana penggunaan cubehelix pada pewarnaan?
5. Bagaimana contoh pemanfaatan perangkat lunak untuk cubehelix?
1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam buku ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui tentang warna.
2. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan cubehelix.
3. Untuk mengetahui perangkat lunak apa saja yang digunakan untuk cubehelix.
4. Untuk mengetahui penggunaan cubehelix pada pewarnaan.
5. Untuk mengetahui pemanfaatan perangkat lunak untuk cubehelix.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar